Selasa, 06 Maret 2018

Skincare 101



Kalau ditanya sumber krisis pede aku itu cuman dua. Pertama pake Rexona (seriusan). Kedua muka bersih tanpa bekas jerawat apalagi berjerawat. 

Jadi apakah aku pernah lupa pake Rexona? ya pernah. Apa yang terjadi? seharian aku bakal keki dan gak pede ngapain aja. Kalau muka jerawat gimana? pernah juga? Monmaap nih mb mb muka akika kan ga sesempurna muka nya Dian Sastro oleh karena itu maka jelas gue pernah jerawatan dan itu merupakan saat-saat dimana aku nggak pengen ketemu orang, nggak pengen keluar rumah (bahkan keluar kamar), nggak pengen liat cermin, bahkan itu adalah saat-saat aku lebih milih diputusin pacar daripada jerawatan, pokoknya krisis pede bangetlah.
Apakah aku lebay? Pasti banyak dari netijen pada bilang ah jerawat doang sampai segitunya. Iya bener emang jerawat nggak bikin kita mati, karena belum pernah aku liat diberita orang mati karena  diserang jerawatan (nggak lucu ya, emang). Tapi, jujur deh pasti nggak pede kan keluar rumah atau ketemu orang dengan muka jerawatan. Kenapa? karena wajah itu adalah poin of view lo lo pada ngeliat orang, nggak mungkin kan lo ketika ngomong atau ketemu orang yang pertama dilihat itu isi dompetnya? nggak dong, pastinya muka dulu. Kalau muka orang tersebut berjerawat maka hal yang lo komentarin adalah:
(1) kalau orang tersebut temen deket lo pasti kau bakal nanya kenapa. 
(2) Kalau nggak deket lo bakal membatin dalam hati pertanyaan kenapa nya.

Pergulatan aku sama jerawat sebenernya dimulai ketika aku mulai S2. Entah karena stress sama perkuliahan dan tugas serta problematika kehidupan mulai kompleks (tsaaaah) ataukah karena kulit aku sudah tak seelastis dahulu. Dulu kayaknya aku nggak cuci muka seminggu nggak ada tu muncul jerawat atau misalnya ada jerawat pun, pencetin aja shaaay, bakal ilang tanpa noda besoknya. Amaze emang kulit aku saat itu. Sekarang? boro boro seminggu nggak cuci muka, sehari aja gue lupa buat cuci muka besok muncul jerawat tiga bijik. Kampret emang! Dan jangan coba-coba buat dipencet, karena sekali lo mencet noda bekas jerawatnya hanya hilang dengan di laser. Kampret emang (2). Dan lasernya nggak cuman sekali butuh berkali-kali. Kampret emang (3). Menghilangkan bekas jerawat dengan laser itu nggak murah, karena aku tahu nggak murah maka aku bertekat buat jangan sampai jerawatan lagi sehingga aku bener-bener ngejaga kulit banget sekarang dengan investasi keskincare dan sering-sering cuci muka kalau habis keluar rumah.

Skincare pertama yang aku miliki adalah SK II yang FTE. Pada saat masa-masa jerawatan aku langsung aja beli SKII karena kabarnya produk ini bakal membuat kulit mu mulus (artinya gak jerawatan) dan akika salah besar dong. Ternyata SKII bukan produk buat memperbaiki muka yang jerawatan parah, lebih tepatnya buat memperbaiki struktur kulit lo lebih alus, lebih glowing dan cerah, yang artinya muka ngana harus bersih dulu dari jerawat, sehingga ketika aku pake SKII yang ada adalah jerawat makin parah. Good idea!!! udah beli produk mahal dan tidak memberikan efek membaik karena ketotolan diri sendiri. 
Bebekal dari pengalaman pertama, maka setiap aku beli skincare mesti wajib dulu baca di beauty blogger tentang kegunaan produk, claim nya produk, pro dan kontraknya produk tersebut serta bagus nggak di kulit aku. Buat tahu produk tersebut bagus apa nggak dikulit kita, harus tahu dulu jenis kulit diri sendiri dong. jadi pelajaran pertama jangan beli produk tanpa tahu kondisi dan kebutuhan kulit sodara, sebab yang ada buang duit dan buang produk jikalau ternyata kondisi kulit sama claim produk saling bertolak belakang. Noh Maam tu!
Sekarang karena jaman udah canggih banget dengan media internet yang udah berkembang maka buat nyari review-review produk apapun saat ini gampang banget. Ada banyak blog dan youtube beauty blogger sekarang yang mengulas tentang kondisi kulit dan cara tepat mengatasi nya dengan mudah dan bisa diakses. Coba kalau dulu ah susah banget, karena beauty anthusias nggak sebanyak saat ini. Misalnya kalau saat ini kamu lagi nyari review skincare bisa banget mampir ke yutubnya female daily skincare 101, disitu banyak banget infomasi berguna yang bisa ngebantu permasalahan kulit kita seperti jerawat kek ini:






Buat aku liat review kayak gitu ngebantu banget buat kita paham dan nggak sembarangan beli skincare karena aku jadi tahu kebutuhan kulit aku kekgimana dan jenis kulit aku seperti apa.

Jenis kulit aku itu minyakan dan sepertinya sensitif karena ternyata kulit aku cepet banget bereaksi sama skincare yang nggak cocok dengan sekali pake misal nih ya, dulu aku pake bioderma. Seminggu awal cocok-cocok aja pake bioderma tapi minggu berikutnya setiap aku oleskan bioderma ke muka, muka langsung merah dan perih banget. Padahal bioderma cuma cleanssing doang sodara-sodara bukan serum ataupalah itu, tapi muka aku nggak bisa menerimanya. Sedih! karena aku pengen banget bioderma masuk dalam rangkaian skincare aku. 

Skincare kedua yang aku beli merupakan skincare yang akhirnya bikin muka aku lebih baik dan jerawat pergi (dengan meninggalkan noda) yaitu sabun cuci muka Catapil. Sungguh aku nggak tahu cuman Catapil sabun cuci muka doang bisa bikin jerawat aku ilang dan kulit mulai membaik. Emang sih Catapil claim nya tanpa sabun (busa) sehingga aman banget buat kulit sensitif, lalu juga banyak direkomendasikan oleh dermatologis buat kulit yang berjerawat pake Catapil buat cuci muka. Walaupun pake Catapil jerawat mulai pergi dan muka aku mulai sedikit membaik tapi entah kenapa muka sering terasa kering, sehingga aku nyari banget moisturizer yang bikin kulit nggak kering. Maka dengan berbekal googling sana sini, aku menemukan sebamed moisturizer yang acne prone dan itu cocok di aku. Jadi hampir selama penyembuhan berjerawat aku cuman pake rangkaian produk dari Sebamed dan setelah kulit muka lebih baik baru aku mencari skincare yang cocok untuk menghilangkan bekas jerawat dan mencerahkan kulit.

Maka, Skincare ketiga yang aku beli ialah Loreal white perfect night and day cream yang nemenin si SKII FTE yang baru bisa aku pake setelah masalah jerawat dan bekas jerawat hilang. Selain itu juga aku mulai banget ngumpulin rangkaian skincare mulai dari cleanssing water or oil or milk dan toner, serta lain-lainnya. Maka karena saat itu aku males banyak skincare untuk cleanssing jadi kupilihlah Bioderma dan ternyata tidak cocok dengan muka aku, jadi aku nyari tu cleansing yang cocok dan gonta-ganti berbagai macam produk dari yang mahal sampai yang murah dan finally aku nemuin produk pembersih muka yang cocok, dia adalaaaah VIVA dengan harga 5000 perak saja sodara-sodara. Entah karena emang muka aku muka mureeeeh, dipake in yang mahal-mahal bukannya kinclong malah nggak cocok. Pas nemuin Viva sebagai cleansing dari milk dan cleansing tonik nya semacam kayak nemu jodoh. Soalnya saat itu, ada kali setahunan aku nyoba sana-sini buat cleansing doang dan nggak cocok. Sempat nggak yakin apakah Viva bakal cocok, secara Bioderma atau Pixi yang digadang-gadang bagus itu nggak cocok dimuka gue, tapi ternyata salah besar. Jadi pelajaran kedua ialah mahal belum tentu cocok dikulit lo, dan jangan underestimated produk dengan harga mureeh karena siapa tahu ternyata itu jodoh lo! 

Saat ini, kondisi muka aku udah jauuuuh sangat membaik dari masa-masa kelam dulu. Nnggak rugi juga nahan sakit waktu di laser atau nahan dompet dan perut karena mesti nabung buat beli skincare, sehingga sejak itu aku sudah paham betul bahwa Beauty is pain. Telen aja saaay!
Produk-produk yang ngebantu aku buat ngilangin jerawat, sampai saat ini masih tetep aku pake seperti sabun cuci muka Catapil, sunscreen Sebamed, Viva milk dan tonik cleanser dan Loreal night and day cream. Untuk SKII FTE masih aku pake sih, tapi berhubung harganya yang maharani banget kayaknya aku mikir-mikir dulu buat purchase lagi deh. Liat-liat di beauty blogger kayaknya Secret Key STE punya claim yang sama dan digadang sebagai dupe nya SKII dengan harga yang lebih murah meriah  jadi mungkin aku bakal ngelirik ke Secret Key.

Tapi apakah muka aku nggak pernah jerawatan lagi setelah keberhasilan rangkaian skincare tersebut. Oh jangan salah. masih beb, masih jerawat kalau mau bulanan ya emang cuman satu atau dua biji karena akika masih manusia biasa yang teentcu sajaa masih nggak luput dari halauan jerawat. Walaupun dulu ngerasa kelam dengan problem jerawat tapi setidaknya aku jadi sedikit lebih bisa berempati dengan orang-orang yang juga acne prone kulitnya karena ketika aku mulai bertarung dengan jerawat, disinilah titik balik aku dalam hidup (sadaaap bosque), yaitu jadi lebih kalem, sabar dan bijak. Karena tahukah kamu ketika kita berjerawat maka kita akan:

1) Menjaga Lisan dan lebih peka

Aku nggak tahu problem sapaan orang di Indonesia terkadang lebih sering mengarah ke fisik. Misal nih yah kita ketemu temen di Mall maka yang akan disapa bukan "apakabar" atau "eh lo mau kemana" tapi "apakabar, eh lo gendut banget sekarang?" atau "apakabar, eh lo kok jerawatan sih". Aku tahu maksudnya baik sih nanya dan aku pun yakin kalau mereka nanya kayak gitu bukan berarti mereka ngatain tapi bentuk carring. Tapi tetep bikin kita drop shaaay. Jadi karena aku tahu rasanya nggak enak disapa dengan "sentuhan" fisik, maka aku lebih menjaga lisan buat nggak komentarin fisik orang. Dengan begitu secara nggak langsung aku jadi lebih peka bahwa nggak semua orang merasa biasa aja disapa dengan sapaan fisik.

2) Lebih Kalem  (Curiga membawa emosi)

Entah apakah dengan jerawatan mengaktifkan hormon-hormon emosi  dan angkara murka aku, atau gimana? pokoknya masa disaat jerawat menyerang setiap hari bawaannya curiga yang berakhir emosi. Curiga aku kesemua orang, semua orang yang ngeliatin muka aku. Padahal doi bisa aja nggak lagi memandang jerawat aku tapi mungkin lagi ngblank aja. Padahal pikiran-pikiran curiga kek gini kan justru berdampak ke jerawatnya juga loh, karena kita jadi lebih stress akhirnya jerawat makin parah akibat hormon dipicu oleh stress. Untuk itu, mestinya kita harus lebih  kalem biar pikiran lebih rileks dan positif karena ngaruh banget dijerawat. 

Akan tetapi....realitanya

Jangankan diliatin orang aja sudah senewen curiga, eh ngeliat diri sendiri dicermin dengan muka jerawatan aja juga emosi aja. 

3) Lebih Pintar tentang pengetahuan kulit 

Dari yang aku temukan, para wanita-wanita dengan problem jerawat akan betah dan anteng mantengin blog-blog berisi informasi seputar jerawat atau dermatologis kesehatan kulit. Tentu hal ini bakal secara tidak langsung bikin mereka paham mendadak tentang jenis dan kondisi kulit mereka lalu memberikan dianogsa dan skincare apa yang ampuh sebagai obat jerawat. Kenapa aku tahuu hal kek gini, karena pada masanya gue juga termasuk wanita pintar mendadak tentang kulit karena problem jerawat. Nggak papa saay belajar kan nggak harus dibangku sekolah tapi bisa dimanapun.

4) Lebih Paham bahwa Beauty is Pain
Dulu aku selalu berprasangka bahwa mau cantik nggak harus ribet kok, semua datang dari dalam diri (inner beauty), Sekarang? tetap kecantikan dari dalam itu penting tapi kecantikan yang langsung dilihat mata itu juga penting. Misalnya kebersihan wajah bebas jerawat, karena miss universe dipilih bukan hanya karena dia pintar namun juga tinggi, wajah bersih dan kulit mulus. Jikalau miss universe dipilih hanya karena isi otak tanpa melihat tinggi dan wajah bersih maka gue dengan badan kuntet serta muka yang tak seberapa ini bisa daftar miss universe. 
Maka dari itu, aku percaya bahwa untuk bisa cantik luar dan dalam itu tidak mudah, tidak menyenangkan dan lebih banyak menyakitkan karena kau harus mengisi otak dengan belajar, harus membuktikan diri dengan sekolah, kuliah dan lainnya. Soalnya kau kau ini bukan Mother of Dragon Khalessi yang aktualisasi pembuktian dirinya dengan bakar diri aja udah disembah-sembah dan dipuja orang-orang. Jadi kalau tahu diri bukan Khalessi makanya sekolah belajar biar punya karakter dan akhirnya munculah inner beauty. Inner beauty ada tapi muka gradakan oh tidak bisa, jadi beli lah skincare yang harganya mahal itu untuk mempercantik kau punya muka. Agar apa? agar kau tahu bahwa beauty is pain.

5) Sadar bahwa Kesempurnaan Hanya Milik Tuhan

Sesungguhnya tanpa dihantam jerawat, aku paham dan tahu bahwa kesempurnaan hanya milik Tuhan. Akan tetapi dengan problem jerawat kita jadi semakin sadar bahwa didunia ini tidak ada muka yang semulus porselen, bahkan muka secantik Raisa pun pasti pernah jerawatan, karena apa? karena kita manusia. 

Jadi, nggak papa sesekali ada perasaan drop dan cedih karena masalah jerawat tapi mesti sadar lagi bahwa jerawat is normal thing, nggak usah kayak dunia berakhir gitu ah, karena muka kita terbuat dari lapisan-lapisan kulit bukan dari keramik yang ditaruh bakteri setumpuk juga nggak mungkin numbuh bentol-bentol jerawat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar